Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Apr 24, 2010

Menggunakan Yahoo Messenger di Warnet, Berbahaya..?

Protected by Copyscape Plagiarism Detector
Menggunakan Yahoo Messenger Di Warnet ( Warung Internet ) ternyata bisa berpotensi bahaya. Bahaya yang saya maksud adalah beberapa informasi yang seharusnya menjadi milik kita Pribadi dan orang yang kita ajak Chatting bisa bocor dan di baca oleh orang lain tanpa harus Login. Bagaimana itu bisa Terjadi..??

Fasilitas yang tersedia di Warnet adalah termasuk fasilitas umum yang bisa digunakan oleh siapapun Pelanggan Warnet Tersebut. Apapun yang kita lakukan dengan fasilitas yang di sediakan oleh Warnet, entah itu Browsing, Chatting, Blogging ataupun segala bentuk aktifitas lainnya baik itu dalam hal Internet Sehat ataupun hanya membuka Video porno, bisa saja terpantau oleh Admin Warnet atau bahkan oleh user lain.

Lantas apa hubungannya antara rentannya penggunaan internet di Warnet dan Chatting menggunakan Yahoo Messenger…? Yahoo Messenger adalah Software Chatting Gratisan dari Yahoo yang merupakan Software yang paling banyak di gunakan oleh sebagian besar pengguna Internet untuk melakukan Live Chat atau Interactive Chat. Lihat saja sebagian besar pemilik Situs ataupun Blog menampilkan status YM mereka pada halaman Blog / Web agar para pembaca bisa melakukan Contact secara Interactive ketika si  Pemilik Blog atau Web Sedang Online.

Secara default, Software Yahoo Messenger menyimpan semua aktifitas Chatting yang terjadi selama si pengguna Online. Semua aktifitas tersebut tersimpan ke dalam sebuah file di dalam folder C:\Program Files\Yahoo!\Messenger\Profiles dengan Extensi .DAT. Sebenarnya File arsip tersebut telah di Encode sehingga tidak bisa di buka jika kita tidak Login. Jika kita tetap mengeksekusinya dengan Notepad atau Word, maka yang muncul adalah kumpulan karakter tak beraturan.

Akan tetapi dengan menggunakan Software tertentu, file arsip tersebut dapat dibuka dan di baca dalam format text atau html tanpa harus melakukan Login. Contoh Software yang saya maksud adalah "Yahoo Messenger Chat Archive Decoder" atau Software lain sejenis yang bisa anda cari di Internet .Dengan begitu semua riwayat Chatting yang pernah kita lakukan menggunakan komputer tersebut akan terbaca tanpa harus Login terlebih dahulu.

Jadi ketika kita Chatting menggunakan Fasilitas Umum seperti warnet , maka alangkah baiknya agar kita tidak membicarakan hal hal yang bersifat penting seperti nomer rekening, Password, dan lain lain.

Meskipun begitu, kita bisa menonaktifkan fasilitas pengarsipan secara otomatis jika memang kita membutuhkannya. Menonaktifkan pengarsipan ini adalah salah satu cara untuk mengamankan Arsip Yahoo messenger anda agar tidak tersimpan kedalam Hardisk. Caranya adalah sebagai berikut
  • Login menggunakan Yahoo Messenger anda
  • Pilih menu "Messenger" ,  "Preferences" ( Ctrl + Shift + P )
  • Pilih menu kategori Archive, Pada kolom Kanan pilih "NO, do not save any of my messeges"
  • Klik OK.

Jadi jika anda menggunakan fasilitan yang merupakan fasilitas umum maka gunakanlah fasilitas dengan baik dan tetap berhati hati.

37 comments:

  1. Walau tdk pernah online di warnet, terimakasih untuk tipsx. Mungkin aja berguna suatu saat klu terpaksa harus ol diwarnet.

    Terimakasih kunjungan dan komentarnya. Maaf br kunjung balik!!!

    ReplyDelete
  2. mas apakah dg Menonaktifkan pengarsipan jg bisa menjamin bahwa jejak chat tsb tidak terlacak yaa...?
    soale aku juga jadi ragu2 dg sistim pengamanan bawaan browser...

    ReplyDelete
  3. waaahhh keren sobat...
    kira2 apakah ini dapat terjadi kalau kita menggunakan fersi web nya sobat?....

    ReplyDelete
  4. sebenarnya banyak sekali celah keamanan.. pada browser ada history dan cookies yg bisa dilacak.. apalagi klo kita menggunakan warnet setiap kegiatan yg kita lakukan bisa dipantau scr langsung oleh admin.. jadi ... .... .... yaaa.. gitu deh..

    ReplyDelete
  5. sebenarnya banyak sekali celah keamanan.. pada browser ada history dan cookies yg bisa dilacak.. apalagi klo kita menggunakan warnet setiap kegiatan yg kita lakukan bisa dipantau scr langsung oleh admin.. jadi ... .... .... yaaa.. gitu deh..

    ReplyDelete
  6. memang tidak ada jaminan keamanan kalau kita berbagi pakai, saya biasanya dengan menghapus semua riwasat browsing maupun chating saya.

    btw. kok setiap postingan baru yang ada di blog ini nggak bisa aku buka ya pesannya not found gitu, jadi aku buka aja pake maual, padahal dalam daftar blog update saya ini bukan postingan ini yang terakhir

    ReplyDelete
  7. @mas rizal.. memang untuk beberapa postingan masih belum aku rilis... alias masih draft.. masih memerlukan beberapa proses editing.. tapi terkadang fasilitas feednya mengindikasikan adanya update.. jadi ya itu tadi jadinya..

    ReplyDelete
  8. oke deh, tks infonya ya. untugn gak pernah ym di warnet nih

    ReplyDelete
  9. wah untung aku ga pernah chat klo di warnet, tapi sarana umum memang riskan dari keamanan. harus hati2

    ReplyDelete
  10. duh makasih neh mas, sering ke warnet mas, meski jarang ym an, he
    dan tentang navigasi breadcrumbnya coba cari cara membuat breadcrumbs yang lain di situs ini, disini kodenya lain, barangkali ajah ada di templatesnya Mas, He
    http://www.tutorialblogging.co.cc/2010/03/membuat-navigasi-breadcrumb-di-blogger.html

    ReplyDelete
  11. Mantab surantab, bikin nggak tahu menjadi tahu, eThanks... :-)

    ReplyDelete
  12. terima ksih sob atas infonya,,saya akan lebih hati2 di warnet,,tapi saya dah jarang chating

    ReplyDelete
  13. kapok saya pake email yahoo mas, cos email yahoo ku di hack passwnya, padahal email tersebut email kesayanganku, karena sejak dimulai pertama kali yahoomail saya udah daftarin, padahal itu email saya daftar pake nama lengkap yg menurut saya bagus. klo isinya memang ga penting, tapi bukan karena YM tapi gara2 facebook saya, itulah kita org indonesia msh ada untungnya, langsung saya ganti pake gmail akun fb saya. mksh mas atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  14. uuughhhh...
    untung aku ga suka chat

    ReplyDelete
  15. Berkunjung...mencari update terbaruw....Oohh....ternyata...masih di edit...*hikz....

    ReplyDelete
  16. Untung ga pernah ke warnet lagi :)

    ReplyDelete
  17. pernah kejadian nih mas
    tapi di MIRC
    chatingan orang sebelum saya
    bisa saya baca

    emang bener kok YM juga gak aman apalagi kalo mainya di warnet

    ReplyDelete
  18. hehe
    untung ane gak pernah ym-an di warnet,,

    ReplyDelete
  19. absen bang.... aku hadir loh, dapet jatah makan brarti heheh

    ReplyDelete
  20. yang punya rumah habis beli gethuk di pasar.. siapa mau..?

    ReplyDelete
  21. Untunglah saya gak pernah ke warnet.

    ReplyDelete
  22. untung saya gak pernah main YM di warnet, hehe..

    ReplyDelete
  23. waaahh.. baru tahu niy...thanks ya sob share nya...

    ReplyDelete
  24. kalau chat di warnet hampir tak pernah, tapi kalau blogging termasuk sering. terima kasih informasinya, dan memang harus lebih berhati-hati lagi

    ReplyDelete

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).