Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jan 27, 2010

Mengenali Virus melalui File Extension (Windows)

Protected by Copyscape Plagiarism Detector
Pada posting saya terdahulu saya memberikan sedikit Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer. Disana saya menyebut tentang file Extension. Dan kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang File Extension agar sedikit banyak dapat membantu kita untuk mengenali virus melalui file extension dari ratusan file yang ada di komputer kita.

Mungkin ada diantara pembaca blog ini terutama pengguna komputer pemula yang belum memahami betul tentang file extension . Atau barang kali anda paham tapi tidak mempedulikannya. Sebaiknya mulai sekarang anda harus memahami setidaknya beberapa jenis Extension yang biasa digunakan oleh beberapa varian virus untuk menyebarkan diri. Karena mungkin sekali lagi kita bisa sedikit mengenali virus melaui file extension.

File Extension adalah nama tambahan dibelakang nama file yang dipisahkan dengan tanda titik ( . ) dan biasanya terdiri dari tiga huruf contoh ".exe". File extension ini berfungsi untuk membedakan jenis dan tipe file. Dan berdasarkan tipe file file Extension dibedakan menjadi beberapa kelompok :

File Document
  • File jenis ini adalah file yang merupakan produk dari beberapa software aplikasi, Contoh DOC yang merupakan document dari Microsoft Word, XLS (Exel ). Beberapa varian Virus menyamar dengan menampilkan icon yang sama dengan file tipe ini. Namun jika kita lihat " Details " maka akan terlihat kejanggalan karena tipe filenya "application" ( lihat "Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer") Ada juga tipe virus yang menginfeksi template dari document yang kita buka sehingga document yang akan kita buat selanjutnya juga akan terkena virus.

Binary Executable Files ( Portable Executable / PE)

  • EXE ( Executable / Aplication) Tipe file jenis ini adalah tipe file yang bisa dijalankan tanpa software pendukung. Bangyak virus yang menggunakan Extensi EXE atau menginfeksi file yang berextensi EXE, contohnya Sallity, Troxa dan lain lain. SCR (Sreensaver) file ini khusus untuk screen saver. Terkadang virus menyamarkan diri melalui file ini, sehingga ketika file SCR yangterinfeksi virus di jalankan dan muncul screen saver maka sesungguhnya virus sedang aktif di belakang screen saver.
  • COM (Command file) file jenis ini dijalankan under DOS / MSDOS.
  • DLL (Dynamic Link Library) File ini biasanya berisi script dan biasanya merupakan file pendukung bagi beberapa software atau file lain yang berextensi EXE. Karena terkadang berhubungan langsung dengan file yang berextensi EXE maka file jenis ini juga sering kali terinfeksi oleh virus.

File Script
  • File script adalah file yang berisi kode kode ( script ) yang bisa di jalankan oleh komputer baik secara langsung ataupun menggunakan software tambahan yang bisa menjalankan script tersebut.( Pada dasarnya hampir semua aplikasi tersusun daru sekumpulan script )
  • BAT (Batch File) adalah file yang biasanya dibuat under DOS dan menggunakan kode kode DOS Command.
  • VBS (Visual Basic Script) adalah file yang berisi kumpulan bahas pemrograman Visual Basic. File jenis ini adalah yang paling banyak digunakan untuk membuat software aplikasi sebelum dalam format EXE. File jenis ini pulalah yang paling banyak digunakan untuk mebuat virus ( Waspadalah jika anda bukan Programer tapi di dalam komputer anda terdapat file dengan Extensi ini).
  • HTM / HTML ( Hyper Text Markup Language ) File ini berisi script yang bisa dijalankan dengan menggunakan Web Browser seperti Mozilla Firefox atau Opera. Virus yang biasanya berjenis Trojan sering menginfeksi file ini untuk kemudian mengunduh software jahat dari Internet.
  • JS ( Java Script ) File ini biasanya terdapat didalam file HTM dan  dijalankan bersama file HTM.
  • INI / INF Merupakan type file yang berisi kode kode yang biasanya untuk menjalankan software tertentu atau untuk memodifikasi Registry. Biasanya digunakan untuk driver hardware atau untuk autorun file ( autorun.inf ). Autorun.inf inilah yang paling sering digunakan banyak virus untuk menyebarkan diri melalui USB drive seperti FlashDrive


Media Files

  • PNG / JPG / GIF / TIFF  ( Image file ) adalah file gambar, masih banyak lagi type file gambar dengan berbagai extensi. MP3 / AAC ( Audio files ) adalah file suara yang biasa di gunakan untuk musik. AVI / MPG ( Video Files ) selain AVI dan MPG masih banyak lagi jenis file video yang lain. Virus sering kali menyamar sebagai file media untuk menarik user agar menjalanka file yang dimaksud misalkan dengan memberi nama "Video Bugil gadis.MPG" namun kalau kita tampilkan File extension yang aslinya maka biasanya akan tampak "Video Bugil gadis.MPG.exe" ( lihat  :  Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer )

Masih banyak jenis type file yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Terkadang beberapa software aplikasi bisa menghasilkan type file sendiri dengan extersinya sendiri. Semoga dengan tulisan ini kita bisa lebih memahami karakter virus melalui file extension setiap file yang ada di komputer kita, Jika anda menemukan file extension yang tidak biasa mungkin anda patut curiga.

30 comments:

  1. Thanks tipsnya Kang.. Kbtulan saya juga mempelajari beberapa virus dan cara menanganinya..

    ReplyDelete
  2. Wah, selalu Mantab dan Berguna Neh Postingan2nya... Thank You ya...

    ReplyDelete
  3. thank bro...memang kita harus banyak belajar tentang file virus ini, karena semakin hari virusnya semakin mantap...

    ReplyDelete
  4. o gitu ya. wah, aku mesti cek dulu nih file2 aku di kompi

    ReplyDelete
  5. nah ini yg kuperlukan, selama ini ngertinya file virus ya yg pake buntut 'exe' doang....izin copy paste ya mas.....tx

    ReplyDelete
  6. nah extensi ini yang paling sering menipu
    kadang walo keliatan .exe
    tetapi rupanya pake spasi panjaaaaang yang ujungnya .vbs

    ReplyDelete
  7. yup.. pokoknya waspadalah.. waspadalah..

    ReplyDelete
  8. salam sejahtera
    terima kasih atas ilmunya
    mudah-mudahan bisa diterapkan

    ReplyDelete
  9. menambah pengetahuan. makasih ya :)

    ReplyDelete
  10. Biasanya, info ttg anti virus itu, di update sendiri sama anti virusnya mas. :)

    ReplyDelete
  11. wah Gek... ini bukan anti virus... cuman sekedar ilmu agar kita lebih waspada dengan file file yang ada di komputer kita.. siapa tahu aja ada file virus yang bisa mengkopi data yg kita miliki... tahu tahu isi ATM kita habis.. he...he..

    ReplyDelete
  12. waaaaaaah jangan sampe isi atm ku habis
    oooopppppssss... mang ga ada isi kok
    jiahahahaha.......

    ReplyDelete
  13. minggu sore lagi blanja di supermarket..

    ReplyDelete
  14. PENGUMUMAN

    telah terjadi perubahan alamat dari
    http://attayaya.blogspot.com
    menjadi
    http://www.attayaya.net

    JIKA memiliki link blogroll atau tukeran link, mohon bantuannya untuk merubah alamat tersebut ke alamat yang baru

    terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.
    ATTAYAYA BELAJAR

    jiahahahaha... bahasanya resmi amat neh

    maaf komennya jadi ga nyambung

    ReplyDelete
  15. Terimakasih sharingnya bro.Perlu saya cek file-file saya nih.

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum..
    info menarik mas. o ya, mau nanya nih. sy ngedownload video di internet, dan jenis filenya AVI, tp ketika diputer di WMP tidak bisa jalan. kenapa ya? viruskah? ato hrs di bukan dgn jenis file lain?
    trims
    salam

    ReplyDelete
  17. @neng Rara.. belum tentu juga virus.. mungkin aja file nya Rijected pas waktu download. coba di convert ke format lain .MPG misalnya.. bisa jadi WMP nya yang nggak support .avi

    ReplyDelete
  18. met sore semua
    jalan2 pake rumah baru
    bukan mobil baru

    ReplyDelete
  19. salah satu tindakan penting menangkal virus, memang bermula dari pemahaman kita terhadap ekstensi file. postingnya bener2 mantaps, kang Ali.

    ReplyDelete
  20. memang harus kita kenal dan harus di basmi virus itu,,,

    ReplyDelete

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).