Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Oct 28, 2009

Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer

Protected by Copyscape Plagiarism Detector

Sudah lama saya tidak menulis tentang tips berkomputer semenjak komputer di rumah kesamber petir ( tragis ya). Kali ini saya akan mencoba membagi Tips sederhana menghidari infeksi virus komputer yang selalu saya gunakan dan terbukti cukup lumayan ampuh. Tips ini bersifat umum dan sangat mudah diterapkan bagi penguna awam yang ingin komputernya "bersih dari virus". Banyak rekan rekan saya yang menanyakan hal ini, sehingga mendorong saya untuk membuat tulisan kecil ini. Sebelumnya saya ingatkan sekali lagi "Sudahkah anda melakukan Update Antivirus yang anda gunakan", apapun AntiVirus yang anda gunakan sering sering lah di Update, karena virus selalu berkembang setiap saat.

Baiklah Langsung saja tanpa banyak basa basi, tips sederhana apakah yang saya gunakan untuk menghindari infeksi Virus Komputer. Virus komputer pada dasarnya dapat kita lihat secara kasat mata melalui ciri - ciri yang terlihat melalui nama file, iconnya, type dan extensionnya melalui Windows Explorer. Biasakan membuat tampilan file pada windows Explorer anda dengan view details. Caranya, klik kanan pada sembarang tempat didalam windows Explorer lalu pilih "view" - details"



Ada baiknya juga anda menampilkan "file extension" nya, caranya ada di Folder Option. Contoh untuk Windows XP adalah dengan memilih menu "Tools" - "Folder Option", lalu klil tab "view" dan hilangkan tanda centang pada "Hide Extensions for known file types", lalu klik OK.



Selanjutnya perhatikan setiap file yang anda miliki. Menurut pengalaman saya file yang merupakan file virus biasanya memiliki beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyamarkan diri dengan Icon.
  • Virus jenis ini dapat dilihat memiliki icon yang biasanya sangat kita kenal, Contohnya menggunakan icon Word , Exel, Gambar, Video dan lain lain. Dengan menggunakan View details kita akan melihat kejanggalan. Kejanggalan itu biasanya adalah tidak sesuainya antara gambar icon dan "file Type" contoh: icon file adalah icon word tapi file type bertuliskan "Aplication", dan biasanya extensinya .EXE. Jika anda melihat hal semacam ini sebaiknya file tersebut jangan anda eksekusi. Atau lebih baik di hapus saja. Karena bisa jadi file tersebut adalah Virus yang akan menyebar di Komputer anda.
2. File yang tidak pada tempatnya.

  • Kali ini anda harus benar benar memperhatikan file Extensi dari file yang anda curigai sebagai virus. Virus macam ini biasanya menyamar sebagai sebuah file yang terlihat sebagai file yang penting semisal, "backup.dll" Setup.exe" "service.js" dan lain lain. ( Extensi yang biasa di tumpangi virus adalah .exe .vbs. js .dll. .scr .bat .inf ) Yang saya maksud tidak pada tempatnya adalah file file yang saya maksud tersebut berada pada folder yang menurut anda tidak sesuai atau bahkan anda merasa tidak pernah membuat atau meng-copy file tersebut. Jika anda menemukan file semacam ini sebaiknya anda waspada, tapi jangan asal hapus, karena bisa jadi file file tersebut memang penting dan berhubungan dengan salah satu software yang anda install.
  • Dalam hal ini sebaiknya anda pelajari dengan seksama tipe file dan kegunaan file berdasarkan extensinya ( Saya akan jelaskan tentang type File ini di posting berikutnya )
Baik mungkin untuk sementara itu dulu Tips yang bisa saya berikan, sebenarnya masih banyak tips lain yang akan saya tulis lain waktu. Jika ada tambahan atau masukan atau koreksi saya terima dengan senang hati. Selamat Berkomputer.


16 comments:

  1. Kalau file yg kita curigai kita 'del' apa nggak malah jadi 'run' virusnya mas?

    ReplyDelete
  2. @srex... ada memang type virus yang bersifat kyk gitu.. bisa gunakan tombol "shift"+"delete" bersamaan untuk menghapus file secara langsung tanpa masuk ke ricycled bin..

    ReplyDelete
  3. nice infooo....saya sering update antivirus :D

    ReplyDelete
  4. Wah terima kasih informasi, memang sebisa mungkin kita hindari virus agar bisa enjoy ngeblog hehehe

    ReplyDelete
  5. wah,,mantap nih indonya
    kompiku jadi aman dah
    hehehehe

    ReplyDelete
  6. virus memang menyebalkan..
    belum ada antivirus yang ampuh buat saya

    ReplyDelete
  7. @bhogey... sebenarnya antivirus itu akan sangat membantu asal kita rutin meng update.. syukur syukur di update tiap hari.. tapi semua orang juga tau.. penjahat biasanya one step a head...

    ReplyDelete
  8. kompi saya dipakein anti virus dari avira tapi anehnya kalo save foto dari kompi pake usb, terus usb dibawa ke toko cuci foto, selalu ada virus trojan. mereka ada anti virus kaspersky. berarti anti virus saya gak manjur dong?

    ReplyDelete
  9. (jawaban komen diatas) belum tentu juga.. terkadang antar antivirus memang bisa terjadi false alarm... dalam kasus itu, barangkali avira meninggalkan jejak ( biasanya file log ) yang salah dideteksi oleh kaspersky tapi klo file tersebut di hapus pun tak masalah... dengan catatan aviranya bersih (belum terinfeksi virus) dan rajin di update...

    ReplyDelete
  10. actually work as a blogger then what?

    ReplyDelete

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).