Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Oct 15, 2009

3 Besar AntiVirus Lokal Buatan Anak Negri

Protected by Copyscape Plagiarism Detector



Indonesia akhir - akhir ini menjadi sorotan dunia Internasional dengan munculnya embong teroris tersohor Nurdin M Top yang sempat meresahkan dunia. Berbagai rentetan bencana Alam yang melanda Negri Tercinta ini serta kontroversi saling Klaim hasil budaya oleh negara tetangga yang ternyata diakui dunia sebagai Kekayaan Negri tercinta Indonesia. Selain hal hal diatas Indonesia juga memiliki banyak prestasi di dunia teknologi terutama di bidang teknologi Informasi yang patut kita banggakan. Misalnya saja konsep VOIP Rakyat yang di gadang gadang oleh pak Onno W Purbo dan teamnya. Serta dikenalkannya WajanBolik ( WokBolik) ke dunia TI Internasional sebagaisolusi perangkat murah untuk koneksi Wireless.

Memang sebenarnya banyak hal yang tidak bisa di remehkan dari Indonesia, misalnya saja soal securitas dalam hal ini AntiVirus Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Antivirus Lokal yang bisa kita jadikan suatu hal yang cukup membanggakan dari bangsa kita. Tercatat lebih
dari 40 Antivirus Lokal yang pernah beredar di Indonesia. Beberapa diantaranya sudah tidak lagi di kembangkan atau bahkan sudah tidak di update lagi. Dan saat ini terdapat 3 AntiVirus lokal yang cukup bagus dan masih terus di kembangkan dan di update secara rutin.

Dan 3 Antivirus karya anak bangsa itu adalah :

PC MEDIA ANTIVIRUS (PCMAV) - ratting ( 8/10 )
  • PCMAV adalah AntiVirus Lokal yang terpopuler dan paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer di Indonesia.
  • PCMAV bisa dikatakan sebagai pelopor AntiVirus Lokal karena merupakan antivirus Indonesia pertama yang diciptakan oleh team antivirus dari Majalah PC Media yang mulai di populerkan padaq awal tahun 2006 dan terus dikembangkan sampai sekarang.
  • PCMAV ini bisa di update tiap minggu di situsnya http://www.virusindonesia.com ataupun melalui fasilitas auto Update nya yang sudang mulai dikembangkan.
  • Melalui rilis terbarunya PCMAV 2.2 Valkyrie mampu mendeteksi 3.025 virus yang banyak beredar di Indonesia, bahkan dengan menambahkan database virus CLAMAV ( database virus Internasional ) daya deteksi PCMAV bisa lebih ampuh lagi.
  • PCMAV Cleanernya mampu membersihkan virus secara tuntas tanpa merusak file yang terinfeksi.
  • RealTime Protector ( RTP ) mampu mencegah infeksi virus bahkan dari virus yang belum terdaftar dalam data basenya.
  • Rilis terbaru dari PCMAV juga sudah bisa disandingkan dengan antivirus lain tanpa terjadi false alarm ( saya mencobanya dengan AVIRA )
  • Kekurangan PCMAV adalah karena masih menggantungkan database untuk proses scanning maka membutuhkan waktu yang cukup lama.
ANSAV / AVI - rating ( 7/10 )
  • ANSAV adalah Antivirus lokal Indonesia yang menjadi pesaing PCMAV semenjak dipopulerkan pada Oktober 2006
  • Team ANSAV seringkali mengadakan seminar tentang virus dan antivirus di berbagai tempat, oleh karenanya ANSAV ini memiliki komunitas yang cukup besar yang biasa di sebut ANSAVER yang sering berdiskusi di berbagai forum.
  • ANSAV memiliki banyak kelebihan dibanding antivirus yang lain. Kemampuanya untuk mendeteksi virus sangat sensitive dan tertanam sempurna pada komputer, akibatnya dimana saja ada akses terhadap file maka ANSAV secara Automatis akan melaukan scanning.
  • Kelebihan lain dari ANSAV adalah memiliki Pulg-In (AddOn) yang bisa di kembangkan oleh siapapun untuk menambahkan tool baru pada antivirus ini.
  • ANSAV dapat di Update secara rutin melalui situsnya di http://www.ansav.com
  • Kekurangan ANSAV adalah tidak mampu membersihkan virus secara tuntas sehingga meninggalkan bekas pada registry.
SMADAV - rating ( 7/10 )
  • SMADAV yang mulai muncul pada bulan Maret 2007 ini mulai menunjukkan peningkatan pengguna yang signifikan pada awal tahun 2009. Meski penggunanya belum sebanyak PCMAV dan ANSAV.
  • SMADAV memiliki kelebihan pada waktu scanningnya yang sangat cepat serta system proteksinya yang ringan tanpa membutuhkan banyak resource Komputer.
  • SMADAV juga dapat di gabungkan secara sempurna dengan AntiVirus lain termasuk antivirus import
  • Fitur manualnya memungkinkan kita untuk membersihkan virus secara tuntas pada 1500 area registry walaupun virus belum terdeteksi oleh SMADAV
  • Teknik Heuristik yang di milikinya hampir menyerupai fitur RTP pada PCMAV yaitu mampu mengenali virus dan mencegah terjadinya infeksi meskipun virus tersebut belum terdaftar dalam database SMADAV.
  • Kekurangan SMADAV adalah masih belum mampu membersihkan virus impor secara tuntas seperti Conficker dan Alman, hanya mampu mencegahnya menginfeksi komputer.
  • Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya sepertinya SAMDAV ini akan mampu bersaing jika terus di kembangkan akan berpotensi menjadi antivirus yang handal.
  • SMADAV dapat diupdate di http://www.smadav.net
3 Antivirus lokal diatas memiliki kelebihan maupun kekurangan tentunya membutuhkan dukugan kita untuk terus dikembangkan agar mampu menjadi kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia. Dan jika anda pengguna komputer yang ingin komputer anda selamat dari virus, maka berusahalah untuk selalu meng- Update apapun Antivirus yang anda gunakan.

21 comments:

  1. saya pake smadav,,,, cukup ampuh...

    ReplyDelete
  2. betul sekali bos, kita memang harus selalu mendukung karya anak bangsa,
    dirimu menuliskan dan mempublikasikan anti virus di atas jg bentuk cinta produk dalam negeri.. seep bos, thx infonya dan tentu aku akan mendownload antivirus yg terbaru.. :) thx bos

    ReplyDelete
  3. anak bangsa zaman sekarang makin hebat, harus didukung bagi yang pny bakat dan kemampuan neh... dan bisa jadi asset negara yang berharga...

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum,
    setuju sekali,sy ikut bangga atas kemampuan anak bangsa menciptakan anti virus. Sy melihatnya bahwa anak bangsa kita sudah mampu mengejawantahkan dimensi kreatif.
    salam

    ReplyDelete
  5. indonesia makin majua aja,,,,,,,,,merdeka!!!!

    ReplyDelete
  6. akhirnya bisa terkenal akan kebaikannya bukan keburukannya

    ReplyDelete
  7. cintai produk produk dalam negeri ( kya iklannya maspion itu) hehhe

    ReplyDelete
  8. Wih,..hebat-hebat..kayaknya masih banyak lagi antivirus lokal selain itu, ada 50-an malah. Kayaknya bukan PCMAV deh pelopor Antivirus lokal (Anton P. kan biasa agak angkuh), dulu ada Antivirus yang lebih lama dari itu, zaman Win 98, yang sanggup menghilangkan virus Puisi Hati, dan beberapa varian lainnya.

    ReplyDelete
  9. anak Indonesia juga mampu bersaing dgn anak bangsa lain. so, mari kita lebih percaya dan yakin dgn kemampuan diri sendiri.

    ReplyDelete
  10. semoga kedepan indonesia lebih maju lagi di bidang TI...
    amiennnnnn

    ReplyDelete
  11. ayo tebakan, dirimu pas liat Potoblogku ngerti ndak? *_* hoho
    oh, virus. ga mudeng saya..
    adakalanya, sebuah blog dibuat tidak untuk dimengerti, tetapi demi menyelamatkan tembok dari korban curat-coret..

    ReplyDelete
  12. hm................. tetep lebih asik pake deepfreeze aja... hehehehehe

    ReplyDelete
  13. met siang. bawain bogem mentah, eh ..ubi rebus ding.

    ReplyDelete
  14. sepertinya, SMADAV antivirus paling aneh yang pernah ada, instal windows baru, pasang Smadav, langsung banyak virusnya, dan Smadav nya sendiri di anggap virus, padahal instal total baru, dari format awal sampai akhir windows, dan belum ada program lainnya... SMADAV... Semoga Masih Ada Virusnya... kali ya....

    ReplyDelete
  15. @idotkontjiAntivirus Indo ternyata oke juga lho, sampai hari ini aku masih pake smadav, yang selama ini banyak membantu melindungi laptopku dari flashdisk temen-temen yang asal mampir dan main colok tanpa permisi, semoga dengan versi smadav 2011 terbarunya, kinerja antivirus ini semakin oke.

    ReplyDelete
  16. smadav dibilang bagus?......bisanya cuman ngapus autorun di registry.....file windows asal hidden dianggap virus

    ReplyDelete
  17. Terima kasih buat ilmunya. saya jadibisa ngerjain tugas nih hehehehe

    ReplyDelete

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).