Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jun 24, 2008

Open DNS untuk Percepat Browsing.

Protected by Copyscape Plagiarism Detector
TCP/IP adalah Protokol standar yang digunakan pada koneksi antar computer dalam jaringan global yang biasa kita sebut dengan internet. Setiap computer yang terkoneksi dengan internet sudah bisa dipastikan memiliki Internet Protocol Address (IP Address) –nya sendiri. Hal ini yang memungkinkan computer dapat dikenali oleh jaringan atau server.

DNS (Domain Name Server) adalah Server yang mampu mengenali dan melihat beberapa informasi yang dibutuhkan untuk meload sebuah Webpage ketika kita sedang melakukan browsing. Kecepatan prosess loading page ini tentunya ditentukan oleh performa DNS yang dipakai oleh ISP (Internet Servis Privider). Banyak dari beberapa ISP yang menawarkan kecepatan akses yang tinggi, namun kenyataanya mereka hanya memiliki DNS yang memiliki performa yang kurang bagus.

Sebuah alternative yang bisa kita gunakan untuk mempercepat proses loading webpages adalah menggunakan Open DNS. OpenDNS ini mampu menjembatani antara ISP dan Alamat Website yang akan kita akses.

Untuk menggunakan Open DNS ini sebenarnya tidak terlalu susah. Yang perlu kita lakukan adalah hanya dengan mengganti IP address DNS servernya saja. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan perintah Run, lalu ketikkan ncpa.cpl.

  2. Klik kanan pada koneksi yang akan ada gunakan, kemudian pilih properties

  3. Pilih tab “Networking”, kemudian pilih “Internet Protocol (TCP/IP)” lalu klik “Properties”.

  4. Pilih “Use The following DNS server addresses:”. Kemudian ketikkan IP Address 208.67.222.222 pada Box “Preferred DNS server” dan 208.67.220.220 pada Box ”Alternate DNS server”

  5. Tekan OK. Untuk mengakhiri semuanya.

Dan sekarang browsing akan terasa lebih cepat, tentunya dengan modem dan spesifikasi computer yang mendukung. Apa salahnya mencoba…..

2 comments:

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).