Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

May 9, 2008

VGA Card VS VGA OnBoard

Protected by Copyscape Plagiarism Detector


Display atau Monitor adalah komponen penting dalam sebuah komputer. Tanpa display tentu kita tidak akan bisa melakukan kegiatan dengan komputer yang kita miliki. Bayangkan saja ketika anda sedang sibuk mengetik, tiba - tibamontor anda mati. Anda pasti akan kelabakan. VGA adalah komponen penting yang digunakan untuk membentuk tampilan di layar monitor. Dan tanpa adanya komponen ini maka layar monitor / display tidak akan berguna.

Menurut integrasinya dengan motherboard, VGA dibagi menjadi dua jenis, yaitu VGA OnBoard ( VGA terintegrasi ) dan VGA Add-On ( VGA Card ). Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa jika kita menginginkan kinerja PC yang lebih baik kita harus menggunakan VGA add-on dan tinggalkan VGA onboard. Menurut saya mitos tersebut ada benarnya juga, namun tidak sepenuhnya benar.Pada prinsipnya setiap prosess yang di lakukan oleh Operating Sistem dalam sebuah komputer itu memerlukan space memory. Termasuk proses menampilkangambar di layar monitor. Semakin rumit dan semakin besar resolusi gambaryang akan ditampilkan, maka semakin besar pula ruang memori yang dibutuhkanoleh system. Biasanya yang merasakan hal ini adalah para Gamers dan Desainer Grafis.

VGA onBoard akan menggunakan Physical memory pada system komputer secara keseluruhan untuk melakukan prosess menampilkan gambar ke layar monitor, yang artinya, Physical memory dalam system akan digunakan secara bersama (Share ) dengan proses yang lain, sehingga keseluruhan proses akan menjadi lebih lambat. Sememtara itu VGA add-on memiliki RAM dedicated sendiri.Sehingga tidak akan menggunakan physical memory yang ada dalam system. Jadi jika anda ingin mendapatkan kualitas gambar terbaik tanpa mengorbankan kinerja system, maka anda saya sarankan untuk tidak menggunakan VGA onboard sebagai default VGA anda. Gunakanlah VGA Add-On (VGA Card) sehingga prosess penampilan gambar dengan resolusi tinggi tidak mempengaruhi proses yang lain.

Walaupun ada beberapa chipset terintegrasi yang mampu menyamai VGA add-on, tapi menurut pengalaman saya untuk PC desktop jumlahnya sangat sedikit. Berbeda dengan produk - produk laptop. Mau tidak mau laptop harus menggunakan VGA terintegrasi dengan Mother board. Karena VGA card akan sangat memakan tempat. Itulah mengapa produk produk laptop yang diperuntukkan bagi kalangan gamers dan desainer grafis memiliki harga yang sangat mahal. Hal ini dikarenakan RAM dedicated sudah terintegrasi langsungdi dalam motherboard. Dalam kasus Laptop ini belum tentu mitos "VGA add-on jauh lebih baik dibanding VGA onboard"adalah benar.....

2 comments:

  1. sbgai seorang kreator, membaca artikelmu aku jadi smakin tau lebih jauh "rongga dalam teman kreator kita" :D
    tp sebagai blogger, kayaknya aku ada beberapa masukan buat kamu bos, pertama; meski ini bukan bimbingan skripsi :D sptnya artikelmu masih perlu di edit lg itu bos:) tolong perhatikan pemenggalan kata/spasi, tanda baca n pemilihan kata yang tepat, biar orang awam yg baca pemikiranmu akan makin jelas, bukan malah tambah bingung :)
    ini murni masukan bos:) meski sederhana... coz, pengunjung blogmu bukan hanya akan membaca, mengagumi pemikiran, pengalaman, ide2 brilianmu saja... secara tdk langsung orang akan menilai kepribadianmu dari apa yang kau tuliskan diblogmu (dalem yo...??:) blog itu ekspersi cermin diri kita:), kita tidak mau donk dicap sbg orang yg grusah-grusuh? kurang teliti ato apa... :))
    kedua, bos biar blogmu lebih mudah dikasih Komentar oleh siapa saja, kayaknya setingan komentar di blogger harus u rubah bos, jd biarkan anonim pun bisa ngasih komentar, krn kl masih spt ini orang akan kasih komentar repot bos, coz harus masuk ke google account dulu... kl gak punya account google kan berarti gak bs kasih komentar? (sekedar pembanding coba liat blogku:),sebenarnya komentar dibawah artikel lebih "abadi n fokus pada satu tema yg kita publikasikan" berbeda dengan komentar yg di shoutmix, krna mudah "tertumpuki" oleh komentar2 baru.. mungkin komentarku mlh smp kmna2 ini he.he.. sory yah... terus belajar n belajar :)

    ReplyDelete
  2. Best CPN Company [url=http://vpnserviceratings.com/]hidemyass review[/url]

    nviijbhopws isKCsaashsZhncac

    ReplyDelete

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).