Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mar 13, 2008

Saat Akan Membeli Komputer

Protected by Copyscape Plagiarism Detector

Hal - hal yang perlu anda perhatikan Tentang Merakit Komputer

Di jaman yang serba on line ini kita tentu tidak akan lepas dari sebuah benda yang sering kita sebut dengan computer. Saat ini banyak orang yang mengaku tahu tentang computer, akan tetapi mereka jutru sering kali tertipu saat mereka membeli computer. Seperti cerita dari seorang teman saya yang kebetulan seorang lulusan sebuah Universitas swasta jurusan Teknik computer. Dia membeli sebuah computer untuk membantu pekerjaanya di kantornya. Katanya sih Komputer baru dengan Windows Vista terbaru. Tetapi ketika saya main kerumahnya dan main-main dengan computer kebangganya itu. Saya tahu betul ternyata system yang terinstal di komputernnya bukanlah Windows Vista melainkan Windows XP yang ditambahi skin style yang hampir serupa dengan Vista. Bukan hanya itu, lebih parahnya lagi dia tidak tahu kalau ternyata Harddisknya adal harddisk Bekas yang sudah direkondisi. Sungguh sial dia….

Untuk itulah penting kiranya kita sedikit tahu tentang benda yang kita sebut computer itu. Syukur syukur kita dapat merakitnya sendiri. Mudah kok…

Apa yang pertama kali harus diperhatikan dalam perakitan sebuah PC ?

  1. Rencanakan PC dengan kebutuhan anda.Misal anda seorang designer grafis, tidak mungkin merakit PC dengan processor celeron.

  2. Ketahui dengan seksama mengenai hardware yang anda pilih. Misal anda ingin menggunakan processor Intel Core2Duo, maka harus memakai motherboard yang support penggunaan 2processor. Karena tidak semua motherboard support untuk dual processor.

Berikut ini adalah langkah- langkah dari pemilihan motherboard, sampai dengan…….

Motherboard :

  • pilih motherboard sesuai dengan processor yang ingin anda gunakan. Jangan sampai kejadian, anda menggunakan processor AMD, tetapi anda membeli motherboard dengan socket LGA 775. Ga mungkin bisa terpasang…hehehe

  • Jangan terlalu terpaku dengan nama besar pabrikan/ merk. belum tentu yang mahal kualitasnya baik.

  • Baca detail spesifikasi motherboard, apakah telah terdapat SATA interfaces, PCI Express, karena kedua interfaces inilah yang akan digunakan sampai beberapa tahun ke depan. ATA interfaces dan AGP sudah mulai ditinggalkan.

  • Perhatikan kapasitas maksimum dari memori yang dapat dipasang. Siapa tau di kemudian hari anda akan melakukan upgrade.

Processor :

  • Processor layaknya otak manusia. Di sinilah peran yang paling vital.

  • Pilihlah processor sesuai dengan kebutuhan. Apakah Core2Duo, AMD, Celeron?

  • Perhatikan juga L2 Cache processor, semakin besar L2 cache, kinerja yang dihasilkan semakin baik.

Memori ( RAM ) :

  • Memori juga berperan penting untuk meningkatkan kinerja sistem.

  • perhatikan juga jenis memori, apakah DDR2 atau DDR1. Salah-salah motherboard anda menggunakan DDR2, tetapi anda membeli DDR1.

Harddisk :

  • Jika anda membutuhkan space penyimpanan yang besar, maka pilihlah harddisk dengan kapasitas yang besar.

  • Perhatikan juga RPM nya, semakin besar RPM, maka waktu akses harddisk semakin cepat.

VGA :

  • Jika anda menyukai game, maka perangkat ini wajib terpasang di dalam pc anda. Namun, apabila anda hanya menggunakan PC untuk pekrjaan office, perangkat ini tidak begitu diperlukan.

  • Perhatikan juga, apakah menggunakan interfaces AGP, atau PCI express.

  • Pastikan juga, apakah VGA memerlukan daya tambahan. Jika iya, maka anda harus memakai power supply dengan daya yang besar.

Drive Optic :

  • Saat ini DVD-RW merupakan pilihan yang utama, selain karena fungsionalitasnya, tetapi juga karena harganya yang sudah sangat terjangkau.

Casing :

  • Banyak orang yang menilai PC dari casing nya. Jika casing nya bagus, berpikir bahwa itu adalah sebuah PC hebat. Buang jauh2 pikiran tersebut.

  • Yang perlu diperhatikan dari casing adalah air flow nya. Aliran udara yang bagus akan menjaga suhu udara di dalam casing lebih adem.

  • Yang terpenting bukan casing nya, tetapi ” yang ada di dalam casing “

Monitor :

  • LCD atau Monitor biasa?. LCD lebih sedikit mahal akan tetapi sangat hemat energi dan lebih kecil radiasinya.

  • Pilihlah sesuai dengan budget anda…

Software :

  • Ini yang nggak kalah pentingnya. Sesuaikan software Anda dengan kemampuan computer. Jangan paksakan anda memasang Windows Vista di computer bermesin Pentim III. Bisa bisa computer anda jadi kura – kura.

  • Kalau anda membeli computer yang udah jadi, sebenarnya semua info sudah bisa anda lihat di Control panel [ System ].

Nah, semoga tips di atas dapat membantu anda untuk merakit sebuah komputer, juga sebagai jaga-jaga biar ga dikibulin ama penjual…hehehe


2 comments:

  1. Membeli sebuah komputer baru susah-susah gampang. Yang paling penting adalah dana yang disediakan untuk membeli sebuah komputer khususnya notebook. semakin besar dana yang disediakan semakin stabil sebuah komputer. Terkadang karena kekurangan dana tidak jarang ada yang membeli sebuah komputer bekas, demi terpenuhinya kebutuhan yang satu ini. terkadang ada juga yang ingin membeli sebuah notebook karena keperluannya yang serba mobile. Nah untuk kamu yang ingin <a href='http://echozone.info/komputer/notebook-atau-pc-desktop/> membeli Notebook atau PC Desktop</a> kamu bisa baca artikel nya.

    ReplyDelete
  2. sebelum membeli komputer atawa laptop harus lihat budget,keperluan..jadi kita membeli barang sesuai kebutuhan

    ReplyDelete

Terima kasih anda bersedia memberikan sedikit waktu anda untuk membaca tulisan saya. Silahkan komentar apa saja.
Komentar yang masuk setelah 2 bulan artikel ini ditulis akan dimoderasi ( karena banyaknya spam ).